Membuat Email Bisnis : Cara Membuat Webmail di Cpanel

Membuat email bisnis atau membuat email sendiri sangatlah penting, selain agar terlihat kredibel juga penting untuk nantinya digunakan sebagai sarana mengirim dan menerima pesan. Nantinya di belakang nama email kita tidak ada akhiran @gmail.com atau @yahoo.com. Melainkan memakai nama Domain Website kita sendiri, contohnya seperti punya saya yaitu admin@konsultanweb.com.

Bagaimana Cara Membuat Webmail di Cpanel?

1. Login ke Cpanel

Langkah pertama untuk membuat email bisnis atau membuat webmail di Cpanel  yaitu dengan cara Login ke Cpanel, caranya ketik nama domain lalu tambahkan “/cpanel” ( Tanpa tanda petik ), contoh : kosultanweb.com/cpanel. Lalu masukkan username dan password cpanel kita, pilih “Log in”

2. Klik “Email Accounts” lalu pilih “Add Email Accounts”

Apabila sudah masuk Cpanel pilih “Email Accounts” selanjutnya pilih “Add Email Account”

3. Masukkan nama Email dan password lalu klik “Create Account”

Tahap selanjutnya untuk membuat email sendiri yaitu masukkan nama email yang diinginkan, di sini saya isi “admin”, anda bisa gunakan nama lain yang anda sukai, selanjutnya masukkan password di kolom password dan di kolom password (Again), password harus sama. Pilih “Unlimited” bila kita menginginkan kapasitas penyimpanan tanpa batas, atau bisa kita batasi dengan memasukkan berapa MB kapasitasnya. Lalu klik “Create Account”

Apabila sukses atau berhasil maka akan ada keterangan SUCCES,  seperti gambar di bawah ini :

4. Login ke Webmail kemudian masukkan alamat Email dan Password yang telah dibuat

Setelah berhasil membuat email, selanjutnya kita bisa Login webmail melalui browser dengan cara ketik nama domain lalu tambahkan “/webmail” ( Tanpa tanda petik ), contoh : konsultanweb.com/webmail. Maka tampilan layar akan berubah seperti gambar di bawah ini, lalu masukkan nama email dan password yang telah kita buat tadi.

5. “Set as Default” salah satu aplikasi Webmail

Selanjutnya kita akan masuk ke webmail kita, pilih salah satu aplikasinya, lalu pilih “Set As Default”, kalau saya memakai SquirrelMail.

6. Masuk ke pengaturan kemudian klik “Submit”

Isi sesuai dengan nama yang kita kehendaki, kalau sudah pilih “Submit”, ini nantinya berguna untuk menampilkan nama apa yang kita pakai di penerima pesan. Timezone silahkan diatur sesuai keinginan.

Apabila berhasil maka kita telah memiliki akun email bisnis dengan nama domain kita sendiri. Selamat ^_^

 

 

About The Author

Related Posts

Add Comment